Corporate Social Responsibility
Wacana tentang pengentasan kemiskinan kerap didominasi kritik terhadap kurangnya
peran swasta, khususnya pengusaha, dalam "perang terhadap kemiskinan". Pengusaha dianggap kurang beramal, kurang menyumbang keuntungan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Karena itu, pemerintah dan banyak lembaga swadaya masyarakat (LSM) gigih mengimbau, termasuk melalui inisiatif corporate social responsibility (CSR) yang akhir-akhir ini banyak bergema
Definisi CSR
Suatu tanggungjawab aktifitas sosial perusahaan terhadap stakeholder {Pemegang Saham, karyawan, Pelanggan, Lingkungan sekitar, Kelompok Masyarakat dll}, Sebagai hasil aktifitas ini di harapkan akan meningkatkan kualitas ekonomi, social dan lingkungan.
Aplikasi, Monitoring dan Controlling CSR
Suatu proses penerapan CSR harus di pertimbangkan dari segi manfaat masyarakat sekitar sebagai prioritas di mana lokasi perusahaan beroperasi, pemilihan sasaran yg tepat akan meningkatkan efektifitas dan manfaat CSR. Hal-hal mendasar yang perlu menjadi perhatian juga adalah scheme jangka waktu manfaat penerapan CSR, Team aplikasi, monitor, dan audit CSR.
Apakah Perusahaan anda telah ikut serta penerapan CSR
Jika perusahaan anda menghadapi kendala teknis, seperti tidak adanya team aplikasi, monitor dan audit maka penulis siap menjadi mediator, baik dari segi lokasi pemilihan, Target kelompok komunitas dlsb. Lalu melihat paradigma di atas ada satu pertanyaan mendasar apakah perusahaan anda sudah menerapkan konsep CSR?
Kamis, 16 Agustus 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar